Penulis : Terbitan Babel

 

Lubukbesar, terbitanbabel.com – Kesal air masuk kerumah saat hujan deras, warga Desa Perlang, Sipon minta Dinas Pekerjaan Umum (PU) atasi masalah yang berlarut belasan tahun ini.

“Miris, kok dinas PU Bateng tidak tau masalah ini sudah belasan tahun,” kata Sipon, Senin (17/5).

Menurut Sipon air masuk kerumahnya dan beberapa rumah warga lainnya berasal dari dataran tinggi. Setiap kali hujan deras, pasti ia beraama keluarganya disibukan membersihkan air ini.

“Apalagi 1 hari sebelum hari raya idul fitri hujan deras, kami disibukan membersihkan air masuk kerumah bukan sibuk masak makanan. Siapa yang tidak kesal, setiap kali hujan deras terus terjadi seperti ini,” ungkap Sipon.

Keluhan ini menurut Sipon sudah ia sampaikan ke pihak berwenang. Salah seorang anggota DPRD Bateng, Era susanto alhamdulillah juga sudah menyerap aspirasi masyarakat jalan air rahmat Desa Perlang.

“Pas Pak Era susanto reses kemarin juga sudah kami sampaikan, beliau respon cepat,” ujar Sipon.

Cerita Sipon tahun 2016 lalu, Dinas PU Bateng mengaspal jalan Lingkar Desa Perlang. Hanya saja, jalan air rahmat menuju ke pemandian warga yang telah di puruh sampai sekarang tidak diaspal. Jangankan aspal, siring dan platduiker saja tidak dibuat.

“Tidak adanya siring, platduiker dan aspal inilah membuat jalan rusak serta rumah kamipun terus terusan menjadi alur air mengalir saat hujan,” tegas sipon sembari mengingatkan Dinas PU Bateng, agar turun kelapangan sehingga permasalahan warga terkait potensi bencana alam banjir teratasi dengan cepat.

“Ingat, jangan sampai terjadi lagi jalan yang sudah di aspal kemudian ditingkatkan, sementara jalan tanah puruh dibiar hingga rusak. Kami warga biasa juga perlu di perhatikan,” pungkas Sipon dengan kesal.

Ketua Komisi III DPRD Bateng, Era susanto merespon cepat aspirasi warga Desa Perlang. Ia juga akan menyampaikan langsung permasalahan di Jalan Air rahmat Desa Perlang ke Dinas PU Bateng.

“Alhamdulillah, sudah kami terima aspirasi warga. Nanti kita lapor langsung ke Dinas PU, harapan kami Dinas PU Bateng juga turun langsung melihat kondisi dilapangan seperti apa. Saya sendiri juga sudah melihatnya secara langsung, memang harus segera ditangani,” ungkap Era.

Era juga merasa prihatin melihat adanya warga jalan air rahmat pada perayaan hari raya Idul Fitri 1442 H kemarin sibuk membersihkan air yang menggenangi rumahnya.

“Mengetahui adanya warga sibuk membersihkan rumah saat perayaan idul fitri 1442 H, saya langsung memberikan dukungan moril. Minta mereka bersabar, dan mudah-mudahan hal seperti ini tidak terjadi lagi,” harap Era.

Era menyebut, dilokasi itu memang perlu pembangunan siring dan platduiker. Potensi jalan menjadi alur air sangat besar, apalagi hujan deras.

“Harapan besar kita jalan tanah puruh itu juga segera diaspal. Belasan tahun warga disana menghirup debu saat kemarau, membersihkan kotoran dibawa air saat hujan. Mudah-mudahan segera terealisasi dalam waktu dekat, minimal tahun depan,” terang Era.

Selain aspirasi warga jalan Air rahmat, melalui resesnya Era susanto juga menyerap aspirasi warga terkait pembangunan lainnya, mulai dari sektor pertanian, perkebunan, perikanan dan kelautan.

“Rangkuman reses nantinya akan saya sampaikan ke semua instansi terkait di lingkungan Pemkab Bateng. Sekali lagi, harapan kami melalui reses ini masyarakat akan sejahtera setelah merasakan program kerja Pemkab Bateng kedepan,” pungkasnya.

Kepala Dinas PU Bateng, Hassan basri masih dalam upaya konfirmasi. (Red)