Penulis : Terbitan Babel

 

Pangkalpinang, terbitanbabel.com – Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) bersama dengan SAR Singapura menggelar latihan rutin pencarian dan pertolongan yang bertajuk Indopura. Kegiatan ini dilaksanakan selama tiga hari, 13 – 15 Oktober 2020

Pada latihan gabungan tahun ini atau SAR Exercise yang ke-38, Kantor Pencarian dan Pertolongan Pangkalpinang didaulat menjadi tuan rumah.

Acara tersebut secara resmi dibuka oleh Direktur Kesiapsiagaan Basarnas, Didi Hamzar di kantor Pencarian dan Pertolongan Pangkalpinang, Selasa (13/10/2020)

“Ini adalah program kerja Basarnas setiap tahun, kerja sama Basarnas Indonesia dan Singapore setiap tahun bergantian di kantor Basarnas yang berbatasan dengan Singapore dan kali ini di Pangkalpinang,” ucap Didi Hamzar

Latihan ini juga melibatkan personil yang berada di Basarnas Command Center (RCC), potensi pencarian dan pertolongan Pangkalpinang, serta personil dari RCC Singapura.

Sementara sarana yang dikerahkan saat latihan berupa Pesawat Udara Singapura, Kapal Negara / RB, RIB, ambulance, double cabin, truk personil, dan sepeda motor.

Peserta yang mewakili Indonesia akan mendapatkan materi berupa pembekalan, drill teknik, serta kemampuan aplikasi dan teknologi. Pembekalan meliputi prosedur penyelenggaraan Operasi SAR antar Negara, prosedur penanganan laka pesawat udara, serta prosedur komunikasi & koordinasi.

Drill teknik terdiri dari teknik pencarian, komunikasi, koordinasi, dan penyelamatan. Materi kemampuan aplikasi dan teknologi meliputi meolut, precom & excom, sar map, notam, SC, DC, serta vicon dan fax.

Dalam latihan bersama akan disimulasikan sebuah pesawat udara yang mendarat darurat di perbatasan Indonesia dan Singapura. Kedua negara selanjutnya akan berkoordinasi untuk melaksanakan pencarian dan penyelamatan terhadap korban.

Adapun kegiatan tahunan kedua negara ini bertujuan untuk meningkatkan kerjasama antara otoritas SAR Indonesia dan Singapura, memberikan pelatihan lanjutan bagi personel SAR baik dari Indonesia maupun Singapura, menguji fasilitas dan prosedur komunikasi antara BASARNAS Command Center (RCC), Pangkal Pinang SAR Office (RSC) dan Singapore RCC, menguji dan menentukan efektifitas Unit Pencarian dan Pertolongan serta fasilitas SAR lainnya di Indonesia dan Singapura serta melatih kemampuan SMC dalam koordinasi antar negara Indonesia – Singapura.

Sementara itu sasaran yang ingin dicapai antara lain terciptanya pemahaman dan kerjasama antar otoritas SAR di Indonesia dan Singapura, terciptanya kesiapan SDM dalam penyelenggaraan operasi pencarian dan pertolongan, terciptanya kesiapan fasilitas komunikasi yang baik antara BCC, Kantor SAR Pangkal Pinang dan RCC Singapura, pengerahan unsur yang efektif dalam Operasi SAR bersama / Joint SAR Operation antar Indonesia dan Singapura serta peningkatan kemampuan koordinasi antar SMC Indonesia dan Singapura.