Warga Dusun Bangun Jaya Qurban Sapi Dengan Cara Patungan

  • Whatsapp

Jebus Bangka Barat, terbitanbabel.com—-Hari Raya Idul Adha 1441 H dirayakan umat Islam ditengah pandemi covid 19 yang masih berlangsung sampai saat ini, tentu semua masyarakat merasakan dampak dari pandemi tersebut, dampak yang paling terasa yaitu dampak ekonomi, namun warga Dusun Bangun Jaya Desa Air Kuang Kecamatan Jebus tetap melaksanakan ibadah Qurban ditengah ekonomi yang sulit ini dengan cara patungan sehingga terkumpul sejumlah uang untuk membeli satu ekor Sapi.

Ada beberapa dalil yang menjadi dasar syariat diperintahkannya ibadah qurban kepada umat Islam, diantaranya (QS. al-Kautsar ayat 2) yang Artinya : Maka kerjakanlah shalat karena Tuhanmu, dan berkurbanla (sebagai ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah)

Bacaan Lainnya

Kepala Desa Air Kuang, Edi Rapono, membenarkan giat penyemblihan hewan qurban berupa satu ekor Sapi tersebut, qurban ini menurutnya hasil dari patungan warga dusun Bangun Jaya.

“Qurban ini dapat terwujud berkat uang pantungan dari 7 orang warga Dusun Bangun Jaya, mereka mengumpulkan uang sejak beberapa bulan lalu melalui ketua panitia kurban sehingga terkumpul sejumlah uang untuk beli seekor sapi” terang Pak Kades, Sabtu, 01/08/2020.

Warga Dusun Bangun Jaya, lanjut Kades, merupakan masyarakat yang terdampak ekonominya akibat pandemi covid 19, namun berkat niat dan kegigihan mereka maka perintah qurbanpun dapat terlaksana.

Senada dengan Kades,ketua Panitia qurban sekaligus ketua Masjid Baitulrohman, Sudiman, menjelaskan bahwa Sapi tersebut di peroleh atas sumbangan kelompok masyarakat, beliau menambahkan bahwa budaya patungan atau gotong royong untuk membeli hewan kurban sudah berlangsung lama didusun bangun jaya sehingga walaupun saat ini sedang kerisis ekonomi akibat dampak covid 19 namun waraga dusun bangun jaya tetap mampu berQurban.

“Walaupun saat ini masi dalam masa pandemi covid 19 namun warga tetap mengumpulkan uang untuk membeli satu ekor sapi untuk qurban” kata Sudiman

Pantauan media terbitanbabel.com, sapi tersebut disemblih di halaman masjid Baitulrohman dusun bangun jaya, dikerjakan oleh masyarakat secara swadaya dengan mematuhi protokol kesehatan, masyarakat bergotong royong memotong sapi tersebut.

Sapi yang sudah disemblih lalu diolah oleh kelompok masyarakat, di potong kecil kecil dan di kemas dalam kantong kresek, untuk menghindari kerumunan, daging sapi tadi dibagikan dengan cara diantar dari pintu kepintu rumah warga, total semua ada 202 paket daging kurban hal ini sesuai dengan daftar penerimah daging qurban yang ada di dusun Bangun Jaya.

Giat Qurban ini dihadiri oleh warga dusun Bangun Jaya, dipimpin oleh Kepalab Desa Air Kuang dan di Bina oleh ketua Masjid Baitulrahman, pemotongan serta pembagian daging kurban berjalan lancar berkat kerjasama warga dan aparat terkait.

(R.v)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *