Penulis : Terbitan Babel

 

TERBITANBABEL.COM, KOBA – Guna menekan angka putus sekolah di Kabupaten Bangka Tengah, Dinas Pendidikan Bangka Tengah akan menambah Pusat Kegiatan Belajar Mengajar (PKBM) atau yang lebih dikenal dikalangan masyarakat dengan Sekolah Paket.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bangka Tengah, Iskandar bahwa pihaknya telah menyusun langkah – langkah guna menekan angka putus sekolah ataupun tidak bersekolah.

” AdanyaPendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Pendidikan Masyarakat (DikMas) Merupakan langkah – langkah yang kami susun guna mengurangi angka putus sekolah maupun tidak bersekolah,” Ujar Iskandar, Selasa (30/3/21).

Iskandar menuturkan Program DikMas sendiri akan fokus membantu PKBM guna menjalankan Program Paket A, B dan C.

” Nantinya anak – anak yang sudah putus sekolah maupun belum pernah mengenyam pendidikan akan kita tampung di ketiga paket sesuai dengan masing – masing jenjang,” tuturnya

Dirinya menjelaskan rendahnya rasio anak putus sekolah dan belum bersekolah untuk mengikuti program PKBM disebabkan jauhnya jarak domisili dengan tempat PKBM.

” Saat ini di Bateng ada tujuh PKBM, kita berencana menambah dua sampai tiga PKBM disetiap kecamatan guna meminimalisir jarak tersebut,” jelasnya

” Dan kita akan terus mendata anak-anak putus sekolah,” tambahnya

Ia berharap dengan langkah – langkah yang disusun pada program ini dapat benar – benar berjalan secara efektif dengan partisipasi yang tinggi sehingga bisa mengurangi angka putus sekolah.

” Mudah – mudahan bisa meminimalisir angka putus sekolah di Kabupaten Bangka Tengah, ” Pungkasnya (M.Fadlilla)