Penulis : Terbitan Babel

 

Bangka Barat, terbitanbabel.com — Mengingat masih banyaknya angka penyakit malaria di fasilitas pusat kesehatan kecamatan parittiga, Pemerintah Kecamatan, Dinas kesehatan bersama tokoh masyarakat mengadakan koordiansi beberapa pekan lalu yang menghasilkan sebuah organisasi yaitu, Germas ( Gerakan Masyarakat Sehat ) atau Kelompok Sadar Kesehatan.

Pantauan awak media, Pjs Bupati Bangka Barat meresmikan Organisasi atau Kelompok Sadar Kesehatan ( Pokdarkes ) yang diselenggarakan di Balai Dusun Jebu Laut Desa Kelabat Kecamatan Parttiga. Selain peresmian dalam acara ini juga diadakan penyuluhan dan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya disiplin pola hidup sehat terutama dalam menjaga lingkungan tetap bersih. Jum’at 27/11/2020.

Sementara Camat Parittiga, Madirisa Spd dalam sambutannya mengatakan diwilayahnya terdapat dua titik dengan angka penyakit malaria tergolong tinggi yaitu di Dusun Jebu laut Desa Kelabat dan Dusun Penganak Desa Air Gantang. Camat menjelaskan bahwa banyaknya nyamuk penyebab penyakit malaria di dua titik tersebut disebabkan kurang tanggapnya masyarakat setempat terhadap kebersihan lingkungan, salah satunya genangan air yang dibiarkan di seputar tempat tinggal hingga menjadi tempat bersarang dan berkembang biaknya segala jenis penyakit dan nyamuk malaria. Camat menargetkan dengan Germas melalui organisasi Pokdarkes ini semoga dapat menuntaskan penyakit malaria di tahun 2023 nanti.

Senada dengan Camat, Pjs Bupati Babar Drs H. Sahirman. J Msi menjelaskan bahwa penyakit malaria masih banyak terdapat di Bangka Barat, penyebabnya ialah mobilitas penduduk yang kurang memperhatikan kebersihan lingkungan, beliau mengatakan bahwa pemerintah kabupaten saat ini sedang berupaya mengatasi masalah malaria tersebut, masyarakat dihimbau budayakan hidup bersih.

“Ayo kita gerakkan bersama, kita berkaloborasi dalam menjaga kebersihan lingkungan dan kita tuntaskan bersama penyakit malaria di Babar ini” kata Sahirman.

Selain PLT Bupati Babar, dan Camat Parittiga, acara ini juga dihadiri oleh, Kadinkes Prov Kep Babel Mulyono, Kabid Humas Polda Babel AKBP M. Yusup, Pasi Bin Wanmil Korem 045 Gaya Mayor Inf Nawawi, Kapolsek Jebus diwakili IPTU Chaerul.A, Danramil 01 Jebus, Kapten Czi Maharudin, Danposmat AL Jebus diwakili Kopka Agus, Kapusmas Puput Yidistira, Kapusmas Sekarbiru Pirli. P, Kepala CSR PT Timah TBK, para Kades di Kecamatan Parittiga dan Masyarakat.

Selain pelantikan anggota Pokdarmas, di acara ini juga diserahkan bantuan alat jaga kesehatan oleh pihak PT Timah untuk masyarakat setempat senilai Rp 50.000.000. ( Lima pPulah Juta Rupiah )

{ RV }